Saturday, April 27, 2019

Bentuk Permainan Lari


Bentuk Permainan Lari
1.      Permainan Lari Sprint
Sebuah ban diletakkan pada ujung jalur lintasan dari tiap tim. Para pelari berlari menuju ban serta menerobosnya sebelum mulai pelari berikutnya lari dengan melakukan suatu tepuk tangan.
Variasi: semua pelari berangkat bersama-sama dan menerobos ban sebelum berlari sprint kembali ke tempat start semula bersama-sama.


 
2.      Permainan Estafet
Semua tim berlari kecil berbanjar melingkari dua buah tanda. Pelari pertama tiap tim membawa sebuah tongkat. Pada suatu tanda yang disepakati, dia lari sprint menjauhi teman lain mengikuti jalur lintasan sampai mencapai pelari terakhir dari tim. Tongkat diberikan kepada pelari baru yang akan membawanya lari, dan seterusnya.

Variasi : berlari dengan irama musik
3.      Permainan Lari Gawang
Tiap tim diberi setumpuk kotak-kotak kardus. Tanda-tanda ditempatkan menunjukkan titik-titik kemana kotak-kotak itu harus dibawa. Pelari pertama membawanya menunju tanda pertama, kembali dan mengirimkan pelari berikutnya dengan suatu tepukan tangan. Pelari kedua membawa kotak-kotaknya ke tanda kedua, dan seterusnya. Babak/ronde pertama selesai ketika semua kotaknya telah terbagikan. Dalam babak berikutnya, kotak-kotak itu digunakan sebagai gawang. Melakukan estafet bolak-balik atau estafet berputar.
Dalam babak/ronde terakhir kotak-kotak itu dikumpulkan satu persatu dan dikembalikan ke tempat start.


Variasi : kerucut dapat pula dipasang sesuai dengan tanda-tanda. Dalam babak pertama pelari menempatkan lingkaran pada kerucut-kerucut. Pada babak berikutnya para pelari melewati kerucut lingkaran sebagai rintangan
4.      Permainan Daya Tahan
Pelari harus melengkapi jumlah putaran pada suatu jalur lari 200-400 m. Tiap sekali lari putar pelari berhenti pada sebuah pos lempar. Pelari boleh terus lari hanya bila dia mengenai sasaran. Pelari yang gagal mengenai sasaran setelah 3 × lemparan, harus lari menempuh satu putaran hukuman.
Variasi: lari dalam tim. Tim boleh lari terus bila semua anggota telah mengenai sasaran atau setelah lengkap dengan satu kali lari hukuman.


No comments:

Post a Comment

History of Table Tennis

History of Table Tennis The history of table tennis parallels the evolution of its equipment, which is common in many sports. The fi...